Wisata Sejarah Museum Manusia Purba Sangiran


Wisata Sejarah Museum Manusia Purba Sangiran – Mau berlibur sambil belajar di tempat wisata solo ? Jika Anda pergi ke solo, tentu tidak hanya berlibur kan ? Di solo selain terkenal dengan tempat wisata masa kininya juga terkenal dengan wisata sejarahnya yang sangat indah. Seperti Wisata sejarah museum manusia purba sangiran ini. Museum yang dibuat pada tahun 1980 ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang mengunjunginya. Terletak di kawasan dengan area seluas 1000 meter2 tersimpan berbagai informasi tentang adanya manusia purba yang ditemukan di solo

Sejak tahun 1930 hingga tahun 1975 memang telah banyak ditemukan manusia purba di sangiran, hal inilah yang membuat pemerintah setempat memiliki ide untuk membuat museum purbakala sangria ini. Museum ini merupakan tempat paling lengkap fosil manusia purba di jawa, bahkan di Asia. Di tempat inilah terjadinya penelitian kehidupan pra sejarah untuk mempelajari tentang ilmu pengetahuan.

Ketika Anda berkunjung kesana Anda akan diajak untuk melihat berbagai fosil manusia purba yang pernah ditemukan, di museum ini Anda akan temukan manusia purba yang pertama kali ditemukan di sangiran yaitu pithecantrophus erextus. Anda juga akan temukan jejak kaki berumur 2 juta tahun lamanya. Hal menarik yang akan Anda temukan di museum ini, yaitu adanya diorama manusia purba pada jaman dahulu yaitu seperti sedang bertani, mencari makan, serta bercengkrama dengan keluarganya. Meskipun di museum ini hanyalah fosil replica karena fosil asli berada di museum geologi bandung namun Anda wajib berkunjung kesini untuk dapat melihat jelas bagaimana bentuk manusia purba.

Di tempat ini Anda akan temukan kurang lebih 13.806 buah benda pamer yang tersimpan dalam dua tempat yaitu 2.931 tersimpan di ruang display dan 10.875 tersimpan di dalam gudang penyimpanan. Inilah keistimewaan yang dimiliki oleh museum ini, karena Anda bisa menyentuh langsung replica dari manusia purba tersebut. disinilah Anda merasa seperti berada di dalam masa lampau yang tidak pernah Anda rasakan dengan desain ruangan yang berbentuk joglo. Ruangan ini terdiri dari berbagai fungsi seperti :aula, laboratorium, perpustakaan, ruang audio visual( tempat pemutaran film tentang kehidupan manusia prasejarah), gudang penyimpanan, mushola, toilet, area parkir.

Tidak hanya manusia purba yang ditawarkan dalam museum ini, namun Anda juga akan melihat berbagai fosil hewan purba yang memiliki bentuk seperti asli. Dengan koleksi lengkap yang disajikan inilah membuat museum ini ditetapkan UNESCO Sebagai warisan dunia. Jika Anda berlibur ke solo tentu tidak ingin melewatkan moment untuk berkunjung ke tempat wisata ini kan?

Setelah puas berkeliling di dalam museum, ketika Anda keluar dari museum nantinya Anda juga akan temukan pedagang yang menjual aneka souvenir handicraft loh yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Tentunya tempat wisata bersejarah museum manusia purba ini bisa dijadikan sebagai alternative tempat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Untuk menuju kesana Anda bisa menempuh jarak kurang lebih 1 jam dari semarang, Anda bisa datang ke lokasi yang berada di kecamatan kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Luasnya mencapai 56 km2, meliputi 3 kecamatan antara lain kecamatan Kalijambe, Plupuh, dan kecamatan Gemolong.

Penasaran kan bagaimana sih tempat fosil manusia purba ini ? Nah untuk menuju kesana Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil solo dari Kami. Kami yang menyediakan layanan sewa mobil solo murah juga siap mengantar Anda untuk berkeliling museum ini sambil mengenal fosil manusia purba dengan lengkap. Informasi lebih lanjut Anda bisa langsung menghubungi Kami.

FacebookTwitterGoogle+Share